ABSTRAK
Strategi Pembelajaran Seni Rupa Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cirebon
Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Pencapaian Hasil Belajarnya
Penelitian Tindakan Kelas
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Seni Rupa Dengan Pendekatan Kontekstual
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini secara umum untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Seni Rupa di SMP Negeri 2 Cirebon. Sedangkan secara khusus penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh data tentang strategi pembelajaran seni rupa di SMP Negeri 2 Cirbeon dengan menggunakan pendekatan kontektual serta tingkat keberhasilannya.
Pendekatan Kontekstual merupakan strategi belajar mengajar yang tujuannya untuk mendapatkan hasil guna dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran seni rupa. Penggunaan strategi ini diharapkan dapat merangsang kreatifitas siswa dalam berkarya seni rupa, juga dapat mendorong siswa belajar secara sistematis, berencana dan mantap serta konsisten.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cirebon dengan populasi seluruh kelas VIII dengan jumlah kelas 5 kelas serta jumlah siswa 206 orang. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif empirik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
(1) Tanpa menggunakan strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual Kegiatan Belajar Mengajar kurang memberikan keberhasilan.
(2) Dengan menggunakan strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual Kegiatan Belajar Mengajar dapat dicapai dengan baik.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah – Nya sehingga penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan baik.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Illahi Robbi yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah – Nya sehingga penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan baik.
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, telah banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih kepada :
Kepala SMP Negeri 2 Cirebon dan segenap Guru pengajar serta Staf Tata Usaha, yang telah banyak membantu, semoga segala amal baik dan keikhlasannya mendapat balasan dari Allah SWT. Amiin.
Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini masih jauh dari sempurna, dikarenakan kurangnya pengalaman, keterbatasan pengetahuan dan kemampuan. Akhirnya semoga Penelitian Tindakan Kelas ini ada manfaatnya bagi pembaca.
Cirebon, Maret 2008
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL .................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................... ii
ABSTRAK .................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR ................................................................................ iv
DAFTAR ISI ................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN ....................................................................
A. Latar Belakang Masalah ....................................................... 1
B. Identifikasi Masalah ............................................................. 3
C. Batasan Masalah .................................................................... 3
D. Rumusan Masalah .................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian ................................................................... 4
F. Manfaat Hasil Penelitian ....................................................... 4
BAB II LANDASAN TEORI ................................................................
A. Deskripsi Teori ...................................................................... 5
B. Kajian Hasil Penelitian ......................................................... 20
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ..............................................
A. Objek Tindakan ..................................................................... 23
B. Seting/Lokasi/Subjek Penelitian ............................................ 23
C. Metode Pengumpilan Data .................................................... 24
D. Metode Analisa Data ............................................................. 25
E. Cara Pengambilan Kesimpulan .............................................. 26
BAB IV HASIL PENELITIAN .............................................................
A. Gambaran Selintas Tentang Seting......................................... 27
B. Uraian Penelitian Secara Umum/Keseluruhan ....................... 27
C. Penjelasan Per Siklus ………………………………………. 28
D. Proses Menganalisis Data ………………………………….. 33
E. Pembahasan Dan Pengambilan Kesimpulan ………………. 33
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ...............................................
A. Kesimpulan .......................................................................... 36
B. Saran Untuk Tindakan Lebih Lanjut...................................... 37
Dilanjutkan dengan Postingan berikutnya
gan ..file doc nya ...
BalasHapus